Inilah 7 Hewan Yang Disukai dan Paling disayangi Malaikat, No 6 Gak Nyangka!

Hewan Yang Paling Disayang dan Disukai Malaikat dalam Islam

 

Dalam ajaran Islam, hewan-hewan memiliki tempat yang penting dalam kehidupan manusia. Beberapa di antaranya bahkan disebutkan dalam Al-Quran dan hadis sebagai hewan-hewan yang disayang dan disukai oleh malaikat. Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa hewan yang memiliki tempat istimewa dalam pandangan Islam.

1. Kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat disukai dalam Islam. Rasulullah SAW sendiri sering kali memberikan contoh tentang perlunya merawat dan menyayangi kucing. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda bahwa seorang wanita masuk neraka karena mengurung kucing tanpa memberinya makan dan minum. Ini menunjukkan pentingnya merawat hewan-hewan kecil seperti kucing.

 

2. Burung Merpati

Burung merpati adalah simbol perdamaian dalam banyak budaya, dan dalam Islam, burung ini juga disukai. Rasulullah SAW menyampaikan kisah tentang sebuah burung merpati yang memberikan laporan kepada Nabi Sulaiman AS. Kelembutan dan ketenangan yang dimiliki oleh burung merpati membuatnya menjadi hewan yang disayangi dalam ajaran Islam.

Baca Juga :   Peran Khalifah Ali Bin Abi Thalib Dalam Sejarah Islam: Perang Jamal Dan Siffin

 

3. Kambing

Kambing adalah hewan yang disukai dalam Islam karena manfaatnya yang beragam bagi manusia. Daging dan susu kambing merupakan sumber nutrisi yang penting, sedangkan bulu kambing digunakan untuk membuat pakaian. Dalam Islam, kambing juga memiliki nilai simbolis dalam praktik qurban, di mana umat Muslim mengorbankan kambing sebagai bagian dari ibadah mereka.

 

4. Bulu Perindu

Bulu perindu atau burung hud-hud adalah hewan yang disebutkan dalam Al-Quran dalam kisah Nabi Sulaiman AS. Burung ini dianggap sebagai hewan yang cerdas dan setia. Dalam surah Al-Naml, burung hud-hud membantu Nabi Sulaiman AS dengan memberikan informasi tentang negeri Saba. Keberadaan burung ini dalam Al-Quran menunjukkan pentingnya hewan-hewan dalam memahami keajaiban ciptaan Allah.

Baca Juga :   Peran Abu Bakar Ash-Shiddiq Dalam Sejarah Islam

 

5. Unta

Unta adalah hewan yang banyak disebutkan dalam Al-Quran dan hadis. Dalam sejumlah kisah dalam Al-Quran, unta digunakan sebagai sarana transportasi dan juga sebagai hewan qurban. Rasulullah SAW juga menyebutkan keutamaan unta dalam berbagai hadis, seperti hadis yang menyebutkan bahwa setiap unta yang diperlakukan dengan baik akan mendapat pahala.

 

6. Lebah

Lebah adalah hewan yang disebutkan dalam Al-Quran dalam surah An-Nahl. Dalam surah tersebut, Allah SWT mengungkapkan bahwa lebah merupakan salah satu hewan yang menghasilkan madu, sebuah cairan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Dalam Islam, madu dianggap sebagai obat yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan manusia.

 

7. Anjing Pemburu

Anjing pemburu, terutama anjing greyhound atau anjing saluki, dianggap sebagai hewan yang disukai dalam Islam karena kecepatan dan ketangkasannya dalam berburu. Dalam beberapa hadis, Rasulullah SAW menyatakan bahwa anjing pemburu dapat digunakan sebagai alat untuk mencari makanan bagi manusia. Namun, penting untuk diingat bahwa dalam Islam, hukum-hukum tertentu berkaitan dengan pemeliharaan anjing dan kewajiban menjaga kebersihan.

Baca Juga :   Sejarah Perkembangan Ilmu Tafsir Dalam Islam

 

Dalam Islam, hubungan antara manusia dan hewan adalah salah satu aspek penting dalam menjaga keseimbangan alam. Hewan-hewan yang disebutkan di atas adalah contoh dari hewan-hewan yang dianggap disayang dan disukai dalam ajaran Islam. Dengan merawat dan menyayangi hewan-hewan ini, kita juga dapat memperoleh berkah dan kebaikan dari Allah SWT.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*